BOX !!! Salam Persaudaraan

KODRAT Banten merupakan induk organisasi cabang olahraga Tarung Derajat di Provinsi Banten yang terdaftar di KONI Banten sebagai cabang olahraga Prestasi. Blog ini diterbitkan sebagai wadah informasi dan konfirmasi bagi para penekun dan pecinta ilmu beladiri Tarung Derajat seni Keperkasaan beladiri AA-BOXER!

12.12.2009

Sekilas Tentang Tarung Derajat - AABOXER


Tarung Derajat itu adalah logika dan tindakkan moral yang memanfaatkan senyawa otot, otak serta nurani secara realistis dan rasional untuk digunakan dengan praktis dan efektif terutama pada upaya "Pembelaan Diri" dalam lingkup operasi moral antara lain pemeliharaan keselamatan, kesehatan dan kesempatan hidup, seperti : menghormati persamaan hak dan kewajiban dan menghindari tindak kekerasan yang tidak manusiawi dan tidak bermoral, mentaati dan menghormati hukum masyarakat dan adat istiadatnya dalam pergaulan umum dimana mereka satu sama lain saling membutuhkan; pencegahan dan pemulihan penyakit jasmani dan rohani; merebut kehormatan dan membela kemanusiaan serta menebarkan kasih sayang kepada sesama makhluk ciptaan Tuhan YME.

Senyawa daya gerak otot, otak dan nurani tersebut berasal dan diperoleh dari: Didikan akhlak budi pekerti yang diterapkan oleh kedua orang tua dan ajaran agama yang tertanam sejak semasa kecil secara ketat, terarah dan berdisiplin; dari gerak reflek anggota tubuh dan bagian penting lainnya yang alamiah sebagai bagian dari kelengkapan hidup yang dianugerahkan Tuhan YME. kepada setiap makhluk hidup ciptaannya seperti: insting, naluri dan garizah, yaitu suatu dorongan hati yang sangat "kuat" atau nafsu melakukan tindakkan secara "cepat dan tepat" guna mempertahankan kelangsungan hidup; serta hasil dan terapan pengalaman hidup lainnya dialami sendiri pada kehidupan sehari-hari, seperti kejadian-kejadian hidup yang menyentuh pada nilai-nilai kemanusiaan dan menumbuhkan sikap traumatis (yaitu keadaan jiwa yang mempengaruhi labilnya tingkah laku akibat dari tekanan-tekanan fisik dan mental).

Suatu kehidupan yang keberadaannya dinikmati dengan totalitas berserah diri kepada Sang Yang Maha Pemilik dan pemberinya, menjadi suatu hal yang bermanfaat bagi kehidupan itu sendiri antara lain sebagai "imajinasi" yang menumbuhkan "kreatifitas" dan tercipta suatu "keberanian moral" untuk berbuat sesuatu hal guna menjawab dan menyikapi tantangan dan tuntutan hidup yang dihadapi. Imajinasi, kreatifitas dan keberanian moral itulah yang menjadi modal utama penciptaan, pertumbuhan dan pengembangan serta penyebarluasan "Ilmu Olahraga Seni Pembelaan Diri Tarung Derajat" diatas muka bumi.Sebelum senyawa daya gerak otot, otak serta nurani menjadi suatu ilmu Olahraga Seni Bela Diri dan digunakan sebagai alat untuk memelihara kehidupan dimana kehidupan itu pada hakekatnya adalah merupakan interaksi antara: "manusia dengan alam semesta, manusia dengan lingkungannya, manusia dengan manusia lainnya (orang lain), manusia dengan dirinya sendiri serta kaitan manusia dengan Tuhan YME.", maka haruslah dipikirkan, dirasakan dan diyakini akan keamanan, keampuhan dan kemanfaatannya.

untuk menjamin hal itu senyawa tersebut harus melalui proses uji tentang kekhasan (khasiat), daya tahan-daya serang dan daya gempur (teknik, taktik dan strategi bertahan menyerang), sifat ilmu dan keilmuan serta sifat hidup dan kehidupannya. Sehingga dapat ditentukan "sistem dan pola" bela diri yang paling tepat untuk diciptakan dan layak tumbuh serta berkembang di tengah kehidupan masyarakat luas sejalan dan seiring dengan tantangan dan tuntan hidupnya.Pada proses penciptaan, pengembangan dan penyebarluasannya selalu dilakukan pengujian dan pengkajian mutu kualitas untuk menjamin agar ilmu olah raga seni pembelaan diri Tarung Derajat dapat dikuasai oleh para penekun dan pencintanya dengan kualitas terjamin dan dapat disamakan sesuai dengan arahan dan peruntukkannya sejalan dan seiring dengan kodrat hidup yang dipangkunya pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, beragama dan ber-Ketuhanan YME.

berbagai macam cara, upaya dan pengorbanan dilakukan untuk menjadikan Tarung Derajat sebagai ilmu olah raga seni bela diri yang mampu meraih derajat kehidupan yang multi guna yaitu sebagai suatu "seni keperkasaan moral dan mental manusia yang berhakekat manusia", untuk kepentingan tersebut didirikan atau dibentuk suatu wadah antara lain: sebuah perguruan guna melakukan kegiatan-kegiatan hidup Tarung Derajat. Perguruan itu adalah "Perguruan Pusat Tarung Derajat" yang memiliki 5 unsur tugas hidup antara lain, yaitu: Pendidikan, Pelatihan, Penguasaan, Pengendalian dan Pengabdian.Dengan demikian Tarung Derajat bisa menjadi suatu alat untuk memelihara fisik dan mental bermoral. Manusia berhakekat manusia, yang memiliki kesadaran atas peran hidupnya sebagai pemelihara kehidupan di atas muka bumi ini, yang masing-masing pribadi memiliki bidang garapan hidup yang sudah ditentukan sebagai kodrat dan iradatnya.

Semua ini merupakan hasil perjalanan panjang, perjuangan dan kerja keras, kreatifitas yang diiringi tekad semangat serta keinginan keras dan keuletan.Tantangan dan tuntutan pengembangan selanjutnya adalah lebih mengembangkan dan mewariskan Tarung Derajat bagi kepentingan masyarakat luas dan kemanusiaan. Hal ini hanya bisa dilakukan secara lebih profesional dan proporsional dengan manajemen dan kepengurusan yang juga memiliki komitmen untuk berjuang dan kerja keras dan diiringi tekad semangat dan keinginan keras dan keuletan yang sejalan dengan pokok-pokok ajaran Tarung Derajat, yang digali dan diangkat ke permukaan hidup dari suatu kehidupan yang terus bergulir menjadi kehidupan dan kehidupan yang digerakkan oleh Sang Maha Penggerak Kehidupan. Dia yang satu dan hanya satu-satunya Dzat, tiada Tuhan selain Tuhan YME. yang telah memberikan 5 (Lima) unsur daya moral pada Tarung Derajat antara lain yaitu: Kekuatan, Kecepatan, Ketepatan, Keberanian dan Keuletan. Amin Ya Robbull'alamin.

dikutip dari Pengantar Sang Guru G.H. Achmad Dradjat pada buku MORTAL GHADA (Moral & Mental Guru H. Achmad Darajat)

1 komentar:

  1. sangat baek dan semoga artinya tidak saja pada satu gerak hidup manusianya tapi pada pula khusus akan hidup masa depan dan waktu yang terus berganti dan terus dengan kenyataan akan kekuataan keimanan di diri manusianya Box!!

    BalasHapus