BOX !!! Salam Persaudaraan

KODRAT Banten merupakan induk organisasi cabang olahraga Tarung Derajat di Provinsi Banten yang terdaftar di KONI Banten sebagai cabang olahraga Prestasi. Blog ini diterbitkan sebagai wadah informasi dan konfirmasi bagi para penekun dan pecinta ilmu beladiri Tarung Derajat seni Keperkasaan beladiri AA-BOXER!

12.15.2011

Memperbaiki Tradisi Perunggu

TANGERANG -Dukungan pe­nuh buat sembilan atlet ta­rung derajat Banten yang akan diberangkatkan ke Balikpapan, Kali­mantan Timur, menghadapi ajang Pra-PON, 16 sampai 18 De­sember 2011, semakin mem­buat optimistis memper­sem­bahkan yang terbaik.

Dukungan yang diperlihatkan dengan kehadiran Pelaksana Tugas Ketua Umum KONI Kota Tangerang Dasep Sediana, Ketua Umum KONI Kabupaten Tangerang Satim Sofyan dan Sekretaris Umum KONI Kota Tangsel Sumarmo pada acara pelepasan yang dilaksanakan Rabu (14/12). Hal itu menggam­barkan keinginan agar atlet bisa memper­sembahkan bukan saja tiket tampil pada PON XVIII di Riau tahun 2012 tapi juga medali. “Saat ini kami (KONI-red) tunjukkan dukungan dengan hadir di sini. Karena kami ingin tarung derajat bisa mengangkat harkat dan prestasi olahraga Banten dengan tampil sebagai pemenang,” tegas Dasep dalam sambutannya.

Dikatakan pria yang juga dosen Unis Ta­ngerang itu mengharapkan ke­­siapan atlet bukan sekadar ditunjukkan dalam latihan, tapi saat pertandingan. Dasep me­nam­bahkan, tiket PON dan me­dali adalah gambaran ke­ber­hasilan bukan saja Peng­prov Kodrat Banten tapi juga pem­binaan olahraga di provinsi ke-30 Indonesia ini.

Sedangkan Satim Sofyan yang juga bertindak sebagai dewan penasehat KONI Banten menya­takan harapan agar setiap keikutsertaan pengprov di ajang Pra-PON dan PON menjadi bahan perbaikan prestasi atlet Banten. Jika pada ajang Pra-PON dan PON sebelumnya Kodrat Banten memiliki tradisi meraih medali perunggu, maka pada pelaksanaan Pra-PON tradisi itu harus diubah. “Jika dua PON hanya bisa bawa pu­lang perunggu, maka di Pra-PON nanti kita mulai rintis dengan meraih medali perak bahkan emas. Sehingga membuktikan pembinaan dan perkembangan tarung derajat Banten ada di jalur yang benar,” terang Satim.

Apalagi sejauh ini, kata Satim, jumlah atlet tarung derajat di Ban­ten lebih banyak dan ter­sebar luas dibanding saat tampil pertama kali pada PON XVI di Palembang, Sumatera Selatan tahun 2004. Bertam­bahnya jum­lah atlet memastikan satu hal yang akan meningkat yakni kom­petisi di antara atlet. “Mua­ra­nya tentu saja atlet yang masuk pelatda dan tampil di Pra PON adalah yang terbaik karena lahir dari kompetisi yang baik juga,” ujar Satim yang sekaligus melepas kontingen Pengprov Kodrat Banten ke Balikpapan, 15 Desember ini.

Sementara itu Suharyanto, pelatih utama tarung derajat Ban­ten mengatakan bahwa du­kungan dari berbagai pihak ini­lah yang diharapkan bisa me­num­buhkan semangat bertanding atlet asuhannya. Hal ini karena kehadiran unsur KONI daerah pada pelepasan akan membuat atlet lebih ber­tang­gung jawab untuk mem­ba­wa nama harum Banten. “Se­lain kesiapan teknik dan taktik, sisi mental juga jadi pe­nen­tu dari hasil yang diraih atlet. Mental salah satunya dida­pat dari semangat bertan­ding yang tumbuh dari duku­ngan berbagai pihak dan doa restu, ini yang kami harapkan dari acara pelepasan itu,” tan­dasnya. (apw/ags)

Dikutip dari harian Radar Banten pada hari Kamis, 15 Desember 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar