BOX !!! Salam Persaudaraan

KODRAT Banten merupakan induk organisasi cabang olahraga Tarung Derajat di Provinsi Banten yang terdaftar di KONI Banten sebagai cabang olahraga Prestasi. Blog ini diterbitkan sebagai wadah informasi dan konfirmasi bagi para penekun dan pecinta ilmu beladiri Tarung Derajat seni Keperkasaan beladiri AA-BOXER!

12.12.2011

Tempa Disiplin Bertarung

TANGERANG - Disiplin men­jadi kata kunci yang terus dite­rap­kan pada latihan sembilan petarung Banten yang akan tampil di Pra PON Balikpapan, Kalimantan Timur pada 16-18 Desember. Bukan saja disiplin dalam hal tepat waktu dalam latihan, istirahat, tapi juga saat bertarung.

Demikian ditegaskan Pelatih Tarung Derajat Banten Su­haryanto pada sesi latihan ga­bu­ngan antara sembilan peta­rung Banten penghuni Pelatda dengan petarung non Pelatda. Pada latihan di lapangan rumah dinas PDAM Tirta Kerta Raharja (TKR), Cikokol, Kota Tangerang, dihadiri lebih dari 50 petarung se-Banten. Dalam kesempatan itu Suharyanto meminta atlet yang tampil di Pra PON nanti bisa memberikan yang terbaik de­ngan disiplin dalam ber­tanding.

“Kunci pertandingan adalah disiplin dalam menerapkan teknik dan taktik yang diberikan pelatih selama ini. Misalnya saat melakukan pukulan atlet harus disiplin menjaga perta­hanan juga. Semua itu yang harus benar-benar dijalan­kan dengan disiplin oleh atlet saat bertanding jika ingin menang,” jelas Suharyanto.

Pada acara latihan gabungan itu, Suharyanto mengung­kap­kan, selain dukungan motivasi buat sembilan atlet tarung derajat Banten yang akan tampil di Pra PON, atlet non Pelatda di­per­lihatkan kesiapan berta­rung wakil Banten. Sejauh ini, kata pelatih yang mengantar satu-satunya wakil Banten di PON XVII meraih medali pe­rung­­gu, sembilan atlet yang ada sudah komplit kemam­puan­nya dan dalam motivasi siap tempur. “Karena sebenarnya mereka adalah petarung yang sudah punya pengalaman ber­tanding dan berprestasi tak hanya di kejurnas tapi juga Pra PON sebelumnya. Jadi pengala­man yang dimiliki plus mental bertan­ding yang kita pompa terus saya yakini akan membuat mereka lolos ke Riau tahun 2012 (PON XVIII-red),” ucap Suhar­yanto.

Dengan waktu tersisa sebelum berangkat ke Balikpapan pada 15 Desember, Suharyanto menya­takan tempaan disiplin saat bertarung menjadi tam­bahan menu latihan agar Latifa dkk benar-benar siap. Salah satu tempaan disiplin dalam bertarung adalah agar bisa memastikan petarung Banten menang dengan meyakinkan. “Kami memang ingin atlet kita bisa tampil meyakinkan dalam meng­hadapi lawan-lawannya. Untuk itu disiplin dalam berta­rung kita inginkan agar atlet bisa mendapat kesempatan mengalahkan lawan dengan cepat (kemenangan KO-red),” tandas Suharyanto.

Sementara itu, atlet tarung derajat Banten Edi Gunawan me­nyatakan optimistis bisa men­capai target yang dica­nangkan oleh Pengprov Kodrat Banten yakni lolos PON. Apalagi diakui atlet yang tampil di kelas 67,1-70 kilogram asal Kota Tang­sel itu, saat ini bukan saja dirinya siap secara teknik tapi juga mental bertanding. (apw/bon)

Dikutip dari harian Radar Banten terbit pada Senin, 12 Desember 2011 | 08:30 WIB.

1 komentar: