BOX !!! Salam Persaudaraan

KODRAT Banten merupakan induk organisasi cabang olahraga Tarung Derajat di Provinsi Banten yang terdaftar di KONI Banten sebagai cabang olahraga Prestasi. Blog ini diterbitkan sebagai wadah informasi dan konfirmasi bagi para penekun dan pecinta ilmu beladiri Tarung Derajat seni Keperkasaan beladiri AA-BOXER!

11.09.2011

Jelang Tarung Derajat Budaya bangsa Indonesia GO Internasional

Incar SEA Games 2013, Tarung Derajat Mantapkan Ekshibisi SEA Games

TRIBUNSPORT.COM-Cabang Olahraga beladiri Tarung Derajat sebagai olahraga beladiri asli Indonesia memantapkan kiprahnya ke dunia internasional. Terkait rencana tersebut Tarung Derajat yang dipercaya Panitia SEA Games XXVI (Inasoc) sebagai cabang ekshibisi bertekad menunjukan keandalan beladiri ini dalam ekshibisi SEA Games XXVI yang akan berlangsung 13-14 November mendatang di Hall Basket Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta.

Ketua Tim Supporting Tarung Derajat, Jonni Harley di Jakarta, Selasa (1/11/2011) mengatakan pihaknya akan memanfaatkan kepercayaan besar dari Inasoc dan KONI Pusat untuk melaksankan ekshibisi Tarung Derajat sebaik mungkin.
Pihaknya sangat serius menjalnakan ekshibisi ini, dan pihaknya optimis ekshibisi Tarung Derajat akan sukses, sehingga target olahraga beladiri asli Indonesia ini bisa dipertandingkan secara remsi pada SEA Games XXVII di Myanmar tahun 2013 mendatang.
Jonni yang didampingi Guru Utama tarung Derajat Guru Haji Achmad Derajat (AA Boxer) menambahkan untuk ekshibisi SEA Games yang semuala akan diikuti tujuh negara, jumlah kini bertambah menjadi delapan, menyusul bergabungnya Malaysia yang ikut ambil bagian ekshibis di SEA Games Jakarta.
“Ini sesuatu yang mengembirakan, sebagai sesuatu yang positif, karena memang Tarung Derajat hampir dipastikan sudah dapat dipertandingan saat SEA Games XXVII di Myanmar 2013 mendatang” ujar Jonni yang juga Ketua HDCi Bandung.
Kedelapan negara yang akan tampil pada ekshibisi Traung Derajat adalah Thailand, Brunei Darussalam, Laos, Filipina, Myanmar, Timor Leste, Malaysia dan tuan rumah Indonesia.
Pada ekshibisi mendataang akan dipertandingan enam kelas, yaitu empat kelas dibagian putra meliputi kelas 50-55 kg, kelas 55,1-60 kg, kelas 60,1-65 kg, dan kelas 65,1-70 kg. Sedang untuk putri hanya mempertandingkan kelas smapai dengan 54 kg dan kelas 54,1 -58 kg.
Menurut AA Boxer, sebenarnya untuk sebuah pertandingan kompetisi Traung Derajat level internasional ada 16 kelas. Namun untuk ekshibisi SEA Games XXVI ini hanya enam kelas saja yang dipertandingkan.
Hal ini menurutnya tidak masalah, mengingat keenam kelas yang dipertandingkan merupoakan kelas yang snagta populer dan bergengsi, dan dianggap mamapu mewakili sebuah pertarngan Tarung Derajat yang sangat menarik dan menjanjikan sebagai cabang olahraga beladiri.
Ditambahkan AA Boxer, untuk persiapan ekshibis SEA Games pihaknya telah mengirimkan para guiru tarung derajat yang terbaik ke negara-negara peserta ekshibis, agar para petarung yang dikirim ke Indonesai merupakan petarung terbaik dati yang terbaik.
AA Boxer mencontohkan, dari tim tarung Derajat Thailand yang Federasi Tarung Derajatnya baru terbentuk, para petarungnya berasal dari para atlet Muay (beladiri khas Thailand) terbaik disana.


Diikuti 8 Negara, Tarung Derajat Tampil di Ekshibisi SEA Games XXVI

Ilustrasi tarung drajat [google] Ilustrasi Tarung Derajat


[JAKARTA] Sebanyak 48 petarung dari delapan negara akan tampil pada pertandingan ekshibisi tarung derajat pada SEA Games XXVI yang digelar di Hall Basket Gelora Bung Karno, Jakarta, 13-14 November mendatang.

Negara-negara yang akan bertarung memperebutkan enam medali emas itu, adalah Thailand, Brunei Darussalam, Laos, Filipina, Myanmar, Timor Leste, Malaysia, dan Indonesia. Ekshibisi ini akan mempertandingkan empat kelas putra dan dua kelas putri.

Seluruh biaya pelaksanaan adalah dari hasil sumbangan pengurus PB Kodrat (induk organisasi tarung derajat), perguruan, dan donatur. "Tampilnya banyak negara ini membuktikan ilmu bela diri tarung derajat sudah diterima masyarakat kawasan ASEAN. Bahkan mendapat dukungan dari pemerintah masing-masing," kata pendiri tarung derajat, Achmad Drajat, di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut AA Boxer, selain ekshibisi SEA Games, tarung derajat juga akan dipertandingkan di Arafura Games 2012. "Kami bangga bisa mengembangkan olahraga tarung derajat asli Indonesia hingga go international. Pertandingan ekshibisi ini merupakan langkah awal untuk bisa dipertandingkan secara resmi di SEA Games XXVII Myanmar 2013," katanya.

Dikatakan, olahraga bela diri tarung derajat cukup diminati negara-negara peserta tersebut. Bahkan, di Thailand banyak atlet Muay Thai beralih ke tarung derajat. Saat ini, perkembangan ilmu bela diri tarung derajat di negara-negara tersebut cukup bagus. Mereka menguasai Iptek dalam mengembangkan ilmu bela diri asal Indonesia ini.

Teknik bisa diberikan para pelatih tarung derajat yang didatangkan dari Indonesia. Peningkatan prestasi atlet selain didukung kemauan yang tinggi dari atlet itu sendiri dan pelatih, juga ada faktor utama yaitu dukungan dari pemerintah masing-masing. Dukungan seperti itu sangat penting sekali, baik dalam segi fasilitas maupun dana.

Aa Boxer menyatakan, melalui dukungan dua faktor tersebut sangat berperanan meningkatkan prestasi atlet. Melalui dukungan dana setiap negara bisa memajukan prestasi atletnya dengan mendatangkan pelatih dari Indonesia. Hal itu yang dilakukan Myanmar dan Brunei Darussalam dalam mengembangkan olahraga beladiri tarung derajat di negaranya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar